Praktikum

October 27th, 2011 Leave a comment Go to comments

Fieldtrip Lapangan


Sistem pertanian berlanjut merupakan sistem Pertanian yang layak secara ekonomi dan ramah lingkungan, Pada  tingkat bentang lahan pengelolaannya difokuskan pada pemanfaatan biodiversitas tanaman pertanian dalam mempertahankan pollinator, pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit, hidrologi (kuantitas dan kualitas air) dan mengurangi emisi karbon. Banyak macam penggunaan lahan yang tersebar di seluruh bentang lahan, yang mana komposisi dan sebarannya beragam tergantung pada beberapa faktor antara lain iklim, topografi, jenis tanah, vegetasi dan kebiasaan serta adat istiadat masyarakat yang ada disekelilingnya.

Selama kuliah, mahasiswa mempelajari tentang beberapa indikator kegagalan Pertanian berlanjut baik dari segi ekonomi, biofisik dan sosial. Guna meningkatkan pemahaman mahasiswa akan dasar-dasar konsep Pertanian Berlanjut di daerah Tropis dan penerapannya di tingkat lanskap maka pengenalan pengelolaan bentang lahan yang terpadu di bentang lahan sangat perlu dilakukan.  Jadi tujuan pelaksanaan praktikumlapngan (fieldtrip) adalah

  1. Memahami macam-macam, sebaran dan interaksi antar tutupan lahan pertanian yang ada di suatu bentang lahan serta.
  2. Memahami pengaruh pengelolaan lanskap Pertanian terhadap kondisi hidrologi, tingkat biodiversitas, dan serapan karbon.

 

Materi Fieldtrip :

Materi I.     Pemahaman Karakteristik Lansekap

Materi II.   Pengukuran kulitas air  sebagai indikator pertanian berlanjut

Materi III. Pengkuran biodiversitas dari aspek agronomi sebagai indikator  pertanian berlanjut

Materi IV.   Pengukuran biodiversitas dari aspek hama penyakit sebagai indikator pertanian berlanjut

Materi V.     Indikator pertanian berlanjut dari aspek sosial ekonomi

 

Modul Fieldtrip : Fieldguide_PB_Final_2011 – Print

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*